Masalah Ekonomi

Hai Sobat!. Timbulnya kelangkaan karena tidak terbatasnya kebutuhan yang terbentur oleh alat pemuasnya adalah salah satu masalah besar yang ada dalam lingkup ekonomi. Berdasarkan teorinya, masalah-masalah dalam ekonomi sejatinya dibagi menjadi dua yaitu masalah pokok ekonomi klasik dan masalah yang ada di dalam ekonomi modern. Apa saja ya maksudnya? Yuk kita bahas!

Sebab Utama di Balik Masalah Ekonomi
   
    Ilmu ekonomi merupakan cabang ilmu sosial yang mempelajari berbagai pelaku ekonomi terhadap keputusan-keputusan ekonomi yang dibuat. Ilmu ini diperlukan sebagaikerangka berpikir untuk dapat melakukan pilihan terhadap berbagai sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas.
   Ada tiga sebab utama di balik masalah ekonomi antara lain adalah kebutuhan manusia yang dapat dipenuhi dengan mengonsumsi barang dan jasa tidak terbatas. Kelangkaan sumber daya yang dapat memenuhi keinginan kita Tidak peduli seberapa kaya kita, kita tidak dapat memiliki segala sesuatu yang kita inginkan. Oleh karena itu, kita harus menentukan pilihan. Sumber daya memiliki kegunaan alternatif. Contohnya, tanah dapat digunakan sebagai lahan pertanian, perumahan, atau lapangan golf. Kita kembali dihadapkan pada masalah pilihan.

Kebutuhan yang Tidak Terbatas

   Ada berbagai jenis kebutuhan. Jenis-jenis kebutuhan itu dapat dibedakan berdasarkan hal-hal berikut.
  • Berdasarkan tingkat intensitas dibedakan menjadi kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. Kebutuhan primer adalah kebutuhan manusia yang harus dipenuhi untuk melangsungkan hidupnya. Contohnya, kebutuhan akan makanan, minuman dan tempat tinggal. Kebutuhan sekunder atau kebutuhan pelengkap adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang bersifat mewah, tujuan pemenuhan kebutuhan ini adalah untuk menaikan status sosial.
  • Jenis kebutuhan menurut subjek dibedakan menjadi kebutuhan individu dan kebutuhan umum. Kebutuhan individu adalah kebutuhan yang berhubungan dengan individu yang berbeda. Kebutuhan umum adalah kebutuhan yang berhubungan dengan masyarakat atau disebut juga kebutuhan sosial.
  • Berdasarkan waktu pemenuhannya, kebutuhan dibedakan atas kebutuhan sekarang dan kebutuhan masa mendatang. Kebutuhan sekarang atau kebutuhan saat ini adalah kebutuhan saat ini adalah kebutuhan yang tidak dapat ditunda pemenuhannya dan harus dilakukan saat ini. Kebutuhan yang akan datang atau kebutuhan masa depan adalah kebutuhan yang dirancang atau direncanakan untuk tepenuhi di masa depan
Barang dan Jasa sebagai Pemenuhan Kebutuhan

   Barang adalah alat pemuas kebutuhan manusia yang mempunyai bentuk fisik, dan Jasa adalah alat pemuas kebutuhan yang tidak berbentuk tetapi bisa dirasakan manfaatnya. Barang dapat dibedakan menjadi barang ekonomi dan barang non ekonomi. Barang ekonomi adalah barang yang didapat dengan cara mengorbankan sesuatu untuk mendapatkannya. Barang non ekonomi adalah barang yang bisa didapat tanpa pengorbanan atau biaya.
   Berdasarkan kepentingan barang dibedakan menjadi: 
  • barang inferior 
  • barang esensial
  • barang normal
  • barang mewah 

a. Barang inferior adalah barang yang pemakaiannya dikurangi jika pendapatan bertambah dan pemakaiannya ditambah jika pendapatan berkurang.
       Contohnya: sandal jepit, barang bekas.

b. Barang esensial adalah barang yang sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dan permintaannya tidak signifikan dipengaruhi oleh tingkat pendapatan.
       Contohnya: beras, gula, minyak, dan bensin.

c. Barang normal adalah barang yang permintaannya bertambah pada saat prndapatan meningakat dan juga sebaliknya.
       Contohnya: baju, buku, dan komputer.

d. Barang mewah adalah barang yang berharga mahal dan mampu menaikan derajat sosial bagi penggunanya.
       Contohnya: perhiasan, berlian, mobil mewah.

   Berdasarkan cara penggunaan, barang dapat dibedakan menajdi barang pribadi dan barang publik. Barang pribadi adalah barang yang dimiliki dan digunakan oleh individu atau perorangan. Contohnya, rumah, tabungan, dan mobil. Barang publik adalah barang yang digunakan untuk kepentingan banyak orang atau masyarakat umum. Contohnya, jembatan, sekolah, jalan raya.

   Berdasarkan cara pemakaian, barang dapat dibedakan menjadi barang substitusi dan barang komplemente. Barang substitusi adalah barang yang dapat menggantikan barang lain. Contohnya, Jika harga beras mahal masyarakat akan mengganti beras dengan jagung atau singkong sebagai makanan pengganti. Barang komplementer adalah barang yang kegunaannya semakin bertambah jika digunakan bersama dengan barang lain. Contohnya, baju kemeja dengan dasi, sepatu dengan kaos kaki, serta mobil dengan bensin.

   Berdasarkan cara pengerjaan atau pengolahan, barang dapat dibedakan menjadi barang mentah, barang setengah jadi, dan barang jadi. Barang mentah atau bahan mentah adalah barang yang belum mengalami pengolahan. Contohnya, kelapa, kentang, dan ubi kayu. Barang setengah jadi adalah barang yang telah diproses pada tahap tertentu, tetapi belum menjadi barang siap pakai. Contohnya, benang, kopra, dan tepung beras. Barang jadi adalah barang yang telah diproses hingga siap untuk digunakan. Contohnya, sepatu, tas, kemeja, dan komputer.

   Berdasarkan bentuk dan sifat, barang dapat dibedakan menjadi barang tetap dan barang bergerak. Barang tetap adalah barang yang bersifat tetap dan tahan lama. Contohnya adalah gedung, mesin pabrik, dan tanah.  Barang bergerak adalah barang yang bersifat tidak tetap dan masa pakainya pendek. Contohnya, adalah buah, sayur, beras, dan bahan bakar.


   Kesimpulan
       Setiap manusia membutuhkan berbagai barang yang berbeda untuk memenuhi kebutuhannya, dan harus mendapatkannya agar kebutuhan nya tidak tertunda dan mengakibatkan masalh ekonomi bagi yang lain.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Masalah Ekonomi"

  1. artikel yang baik sehingga dapat banyak informasi

    ReplyDelete
  2. Numpang ya bossku ^^

    HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU
    Bonus Welcome Untuk New Member:
    - Bagi deposit Rp.10,000 - Rp.14,999 Bonus Rp.5.000
    - Bagi deposit Rp.15,000 - Rp.24,999 Bonus Rp.10.000
    - Bagi deposit Rp.25,000 - Rp.49,999 Bonus Rp.15.000
    - Bagi deposit Rp.50,000 - Rp.99,999 Bonus Rp.20.000
    - Bagi deposit Rp.100,000 ke atas Bonus Rp.25.000s
    - Bonus next deposit 5% untuk deposit Rp.50.000
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!

    Syarat Klaim bonus yaitu menghubungi CS kami di
    WHATSAPP : +855966139323, +85585426330
    BBM : KENARI00
    LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM

    ReplyDelete